7 Tips Menghindari Konflik di Tempat Kerja

Sedang Trending 2 tahun yang lalu
ARTICLE AD BOX

Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja – Ketika sedang bekerja, tentu saja Anda tidak sendiri. Akan ada tim yang diharuskan bisa bekerja sama untuk memajukan perusahaan. Di satu sisi, rekan kerja Anda bisa menjadi seseorang yang membantu untuk berkembang. Namun, di sisi lain ada juga rekan kerja yang memberikan dampak buruk dan menciptakan konflik di tempat kerja. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal seperti ini?

Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja

  1. Selesaikan masalah dengan segera

Sekecil apapun konflik yang terjadi di tempat kerja, jangan pernah membiarkannya berlarut-larut dalam waktu lama. Jika merasa tidak nyaman akan perlakuan rekan kerja, segera beri tahu dia dengan cara sopan dan tenang. Hal ini adalah langkah profesional yang memang harus dilakukan. Terlalu lama mengabaikan hal yang demikian justru akan menguras energi Anda dan membuat produktivitas menurun.

  1. Menarik napas sepuluh hitungan

Metode ini cukup terkenal dan ampuh untuk menenangkan diri ketika sedang marah. Ketika marah, bisa dipastikan seluruh perbuatan dan perkataan yang Anda keluarkan adalah salah. Oleh karena itu, cobalah untuk tetap tenang dengan cara menarik napas dalam-dalam selama sepuluh hitungan dan keluarkan secara perlahan. Dengan cara ini, Anda akan menjadi lebih tenang dan bisa menyelesaikan masalah dengan lebih baik lagi.

  1. Cari perantara

Jika memang berada dalam situasi yang cukup sulit untuk bernegosiasi, cobalah untuk mencari perantara atau mediator dengan posisi lebih netral. Mediator ini bisa rekan kerja yang lain atau kalau memungkinkan adalah pihak HRD atau bos. Mediator yang lebih netral mungkin bisa melihat masalah dari sudut pandang yang lebih luas sehingga bisa lebih cepat menemukan solusinya.

  1. Menghindari gosip

Hubungan kerja yang profesional memang sangat penting untuk tetap bisa bekerja secara efisien. Sesama rekan kerja memang harus menjaga interaksi dengan lainnya. Akan tetapi, batasan tetap harus diperhatikan. Jangan sampai karena terlalu nyaman berinteraksi, Anda menjadi terpancing untuk bergosip tentang karyawan lainnya.

  1. Hindari membuat masalah besar

Apabila Anda mempunyai masalah yang harus diatasi, sebisa mungkin cobalah untuk berbicara dengan tenang kepada orang yang bersangkutan. Jangan memberikan reaksi berlebihan karena hal ini justru akan membuat masalah lebih besar. Selain itu, Anda juga akan terlihat tidak profesional dan memiliki manajemen diri yang buruk.

  1. Mendengarkan sebelum berbicara

Ketika merasa tidak nyaman dengan suatu hal, Anda memang berhak untuk bersuara. Akan tetapi, jauh lebih baik jika Anda lebih banyak mendengar sebelum berbicara. Alih-alih terus menyampaikan pendapat di depan rekan kerja, sebaiknya dengarkan juga cerita atau pendapat dari mereka. Cobalah untuk melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda.

  1. Jadikan konflik sebagai sarana untuk bertumbuh

Konflik memang sangat tidak enak untuk ditemui. Namun, jangan terlalu serius menanggapi konflik tersebut. Bisa jadi konflik hadir sebagai sarana untuk bertumbuh seperti memperbaiki manajemen emosi, meningkatkan kemampuan problem solving, dan lain-lain. Jadi, anggaplah konflik ini sebagai suatu berkah yang wajib untuk disyukuri. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang dalam menghadapinya serta memiliki integritas lebih baik.

Dengan cara-cara di atas, mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi jika terjadi konflik di tempat kerja. Intinya, Anda harus tetap tenang dan tidak terburu-buru mengambil keputusan supaya konflik tersebut tidak menjadi lebih besar. Suasana kerja pun akan menjadi lebih nyaman.

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai lowongan kerja Bandung terbaru.

The post 7 Tips Menghindari Konflik di Tempat Kerja appeared first on LokerBandung.id.

Sumber :