5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

Sedang Trending 2 tahun yang lalu
ARTICLE AD BOX

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja – Dalam menjalani pekerjaan, semua orang tentu akan mengalami suatu masalah yang mungkin bisa mengganggu produktivitas. Padahal, disadari atau tidak, produktivitas dan performa Anda sangat mempengaruhi lingkungan kerja. Bahkan, posisi Anda dapat terancam oleh orang yang lebih produktif. Oleh karena itu, cobalah melakukan beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja berikut ini.

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

  1. Lebih banyak tersenyum

Menghadapi berbagai macam pekerjaan setiap hari memang melelahkan atau membuat bosan, terlebih jika pekerjaan tersebut terlalu monoton. Tanpa disadari, mungkin raut wajah Anda akan semakin lesu. Supaya bisa memunculkan kembali energi positif, cobalah untuk lebih banyak tersenyum. Selain bisa membuat perasaan menjadi lebih baik, tersenyum juga akan membuat rekan kerja merasa nyaman bekerja bersama Anda.

  1. Mempelajari hal baru

Walaupun job desk Anda berfokus pada satu kegiatan saja, tidak ada salahnya jika mencoba untuk belajar hal-hal baru. Anda bisa mempelajari keterampilan yang bisa menunjang tugas utama Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa bosan dengan pekerjaan yang terlalu monoton. Selain itu, produktivitas Anda juga akan meningkat.

Sebagai contoh, Anda bekerja di bagian customer service. Beberapa skill seperti public speaking, membaca emosi lawan bicara, dan sebagainya bisa menunjang performa Anda. Contoh lainnya adalah jika Anda bekerja di bagian marketing. Ada banyak sekali keterampilan yang bisa dipelajari seperti copywriting, storytelling, digital marketing, atau content marketing.

  1. Menjalin relasi yang baik dengan rekan kerja

Setiap karyawan memang sudah memiliki bagian pekerjaan masing-masing. Akan tetapi, bukan berarti hal ini menjadi sekat sehingga tidak tercipta hubungan yang baik antara karyawan. Di saat istirahat atau seusai bekerja, cobalah untuk membangun relasi positif seperti bersenda gurau, menanyakan keadaan saat ini, atau berbicara ringan lainnya.

Anda tidak tahu apakah ketika di luar tempat kerja membutuhkan pertolongan dari rekan tersebut. Jika perlu, ketika hari libur lakukan kunjungan ke tempat tinggal masing-masing. Hal ini akan meningkatkan ikatan yang cukup baik dan mampu menjadikan Anda pribadi yang lebih produktif dibandingkan sebelumnya.

  1. Merapikan meja kerja

Meja kerja yang berantakan dan tidak teratur memang sangat berpengaruh pada produktivitas. Selain membuat sulit konsentrasi, barang-barang yang diletakkan tidak teratur akan menghabiskan lebih banyak waktu sehingga pekerjaan akan kacau. Setidaknya rapikan meja kerja minimal tiga hari sekali. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda bisa selalu merapikannya setiap hari.

Tambahkan beberapa pernak-pernik pendukung yang bisa memacu semangat kerja seperti aroma terapi atau kalimat-kalimat motivasi. Jika Anda rutin melakukan hal ini, semua pekerjaan akan lebih mudah untuk diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Memaksimalkan hari libur

Hari libur adalah hal yang sangat berharga. Jangan pernah sia-siakan hal tersebut. Banyak orang yang masih membawa pekerjaan dalam pikiran mereka ketika menikmati hari libur. Hasilnya, bukan pikiran segar yang didapat, melainkan stres yang bertambah berat. Jika tidak ada keperluan mendesak, fokuslah menikmati hari libur seperti berkumpul dengan keluarga atau pergi ke tempat wisata. Dengan begitu, pikiran Anda akan menjadi lebih fresh dan lebih siap untuk bekerja di hari berikutnya.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas kerja. Pada intinya, Anda harus bisa mengatur waktu dan tenaga sebaik mungkin, serta bisa menempatkan diri dengan benar kapan harus fokus kepada pekerjaan dan kapan harus fokus dengan hal lain seperti keluarga. Keseimbangan ini adalah kunci yang bisa menjadikan Anda lebih produktif. 

Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai loker Bandung terbaru.

The post 5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor appeared first on LokerBandung.id.

Sumber :